Selain Zuck, Ini Miliuner TI yang Hobi Menyumbang

Administrator   |   Internasional  |   Kamis, 03 Desember 2015 - 08:08:42 WIB   |  dibaca: 27 kali
Selain Zuck, Ini Miliuner TI yang Hobi Menyumbang

Bill Gates (gettyimages)

Jakarta - Mark Zuckerberg menyatakan janji mulia, bakal menyumbangkan 99% saham Facebook untuk program kemanusiaan. Selain Zuck, sejatinya ada segelintir lagi miliuner di bidang teknologi yang dikenal sangat dermawan.

Contoh terkenal tentu saja adalah Bill Gates. Setelah tak lagi mengendalikan operasional sehari-hari Microsoft, Bill dan istrinya -- Melinda -- fokus pada kegiatan filantropi. Mereka mendirikan yayasan kemanusiaan terbesar dunia, Melinda Gates Foundation yang bernilai sekitar USD 34,6 miliar.

Bill dan Melinda termasuk orang super kaya paling murah hati. Catatan sampai tahun 2007 menyebutkan kalau ia sudah menyumbang lebih dari USD 28 miliar untuk kemanusiaan. Jumlahnya sekarang tentu sudah jauh lebih banyak. Bill dan Melinda memang berjanji akan menyumbangkan 95% kekayaannya secara bertahap.

"Mayoritas besar dari kekayaan kami, lebih dari 95%, akan dimasukkan ke yayasan yang akan menghabiskan semua uang itu dalam jangka waktu sekitar 20 tahun setelah kami tiada," kata Gates suatu ketika.

Gates bersama miliarder AS lain yakni Waren Buffet, memang menginisiasi program bernama Giving Pledge yang diperkenalkan tahun 2010. Program ini mengkampanyekan agar para miliuner dunia mau menyumbangkan setidaknya separuh dari harta mereka.

Program tersebut cukup sukses dan banyak orang super tajir tergerak hatinya, di mana pada tahun 2010 tercatat sudah 81 miliuner di seluruh dunia berkomitmen menyumbang banyak hartanya. Zuckerberg ternyata masuk dalam program ini dan ia benar-benar membuktikan komitmennya itu.

Dari jagat teknologi, ada beberapa nama lain yang dikenal cukup dermawan meski belum menyamai Bill Gates atau Zuckerberg. Pendiri perusahaan TI Dell, Michael Dell misalnya, memiliki yayasan Michael and Susan Dell Foundation yang sudah menyumbangkan ratusan juta dolar untuk kemanusiaan.

Larry Ellison, pendiri Oracle, Jeff Bezos bos besar Amazon sampai Sergey Brin yang menggagas Google, juga dikenal dermawan. "Aku berniat menyumbang setidaknya 95% hartaku untuk kemanusiaan. Aku sudah memberi ratusan juta dolar untuk riset kesehatan dan pendidikan, dan aku akan memberikan miliaran dolar lagi. Aku melakukan ini dengan diam diam karena memberi untuk kemanusiaan adalah sesuatu yang pribadi," sebut Ellison suatu ketika.


(fyk/ash)

Profil Administrator

Administrator

isi keterangan ini untuk melengkapi isi profil. isi keterangan ini untuk melengkapi isi profil. isi keterangan ini untuk melengkapi isi profil. isi keterangan ini untuk melengkapi isi profil.

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

NBA 2K18 MT
10 Desember 2017 - 11:20:45 WIB

youre really talented.

  • 1

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook